Hagai The King's Party

Sabtu, 22 Januari 2011

Hagai



Artikel ini membahas Nabi Hagai. Untuk sebuah kitab dalam Perjanjian Lama, lihat Kitab Hagai
Hagai (bahasa Ibrani: חַגַּי, Ḥaggai atau "Hag-i") adalah salah seorang dari keduabelas nabi kecil dan penulis Kitab Hagai. Ia adalah salah seorang nabi di antara ketiga nabi pertama (bersama Zakhariah, yang hidup sezaman dengannya, dan Maleakhi, yang hidup sekitar seratus tahun kemudian), yang pelayanannya berlangsung pada masa sejarah Yahudi yang dimulai setelah kepulangan dari pembuangan di Babel.
Tak banyak yang diketahui tentang kehidupan pribadinya. Ia mungkin adalah salah seorang dari mereka yang dibuang ke Babel oleh Nebukadnezar. Ia memulai pelayanannya sekitar 16 tahun setelah kepulangan kembali orang Yahudi ke Yehuda. Upaya pembangunan kembali Bait Suci telah dihentikan karena gangguan-gangguan orang Samaria. Setelah ditunda selama 15 tahun, pekerjaan itu dilanjutkan kembali melalui upaya Hagai dan Zakhariah (Ezra 6:14). Mereka mengimbau rakyat dan membangkitkan mereka dari kemalasan mereka, dan mendorong mereka untuk memanfaatkan perubahan dalam kebijakan yang diambil oleh pemerintah Persia di bawah Darius I dari Persia.
Nama Hagai, dengan berbagai variasi vokalisasinya, juga ditemukan dalam Kitab Ester, sebagai seorang hamba kasim dari ratu.
Dalam kalender liturgi Gereja Ortodoks Timur, hari rayanya jatuh pada 16 Desember.
Entri ini memadukan teks dari Easton's Bible Dictionary, sebuah ranah publik, aslinya diterbitkan pada 1897.
( http://id.wikipedia.org/wiki/Hagai )
posted by Hagai The King's Party at 07.25

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home